IKLAN DAN HARGA PENGARUHNYA TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA AVANZA PADA PT. HASJRAT ABADI MANADO
Abstract
Penjualan penting bagi suatu perusahaan, karena melalui penjualan maka dapat diperoleh laba. Untuk menarik minat konsumen maka perusahaan mengiklankan produknya. Iklan yang ditampilkan harus menarik dan mudah dipahami konsumen, agar dapat mempengaruhi minat membeli produk yang ditawarkan. Harga yang ditetapkan perusahaan mengikuti mekanisme pasar dan target pasar yang dituju, jika tidak penjualan perusahaan akan bermasalah. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan iklan berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap penjualan mobil Toyota Avanza pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini termasuk dalam hubungan kausal. Populasi penelitian menggunakan data biaya iklan dan harga mobil Avanza yang ditetapkan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Sedangkan sampel menggunakan data bulanan untuk periode 3 tahun terakhir. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan secara simultan dan parsial iklan dan harga berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Dalam memasaran produk sebaiknya manajemen PT. Hasjrat Abadi lebih memperhatikan iklan dan harga agar penjualan dapat meningkat.
Kata kunci: iklan, harga, penjualan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4483
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.