ANALISIS PERENCANAAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) PADA PT. SINAR GALESONG PRATAMA

Melva F. Manambing, Petrus Tumade, Jacky S. B. Sumarauw

Abstract


Manajemen rantai pasokan sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan karena dapat membantu dalam proses perkembangannya. Manajemen rantai Pasokan meliputi proses pemilihan pemasok, perencanaan logistik, pendistribusian pasokan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pemilihan pemasok, perencaan logistik, dan pendistribusian logistik pada PT. Sinar Galesong Pratama Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang fokus pada analisis perencanaan supply chain management. Hasil penelitian ini adalah Proses pemilihan pemasok di PT. Sinar Galesong Pratama melalui kerjasama dengan agen tunggal pemegang merek Suzuki di Indonesia yaitu PT. Suzuki Indomobil Sales. Perencanaan logistik pada PT. Suzuki Indomobil Sales termasuk terbaik dari segi kualitas produk, harga yang kompetitif, kredibilitas perusahaan pemasok, efisiensi waktu, efisiensi lokasi, serta efisiensi biaya. Pendistribusian pasokan dari PT. Sinar Galesong Pratama ke toko-toko bekerja sama dalam proses penjualan spare part asli Suzuki sehingga dapat membantu dalam proses penjualan. Mengingat area pelayanan tersebar luas di Sulawesi Utara maka manajemen PT. Sinar Galesong Pratama dapat membangun pabrik baru di wilayah Sulawesi contohnya di KAPET Bitung, hal ini Tujuannya untukĀ  dapat mempercepat pelayanan dan supply logistik di wilayah Sulawesi Utara.

Kata kunci: pemilihan pemasok, perencanaan, pendistribusian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.