ANALISA TITIK IMPAS SEBAGAI DASAR PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK PRODUK KACANG OLAHAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI KAWANGKOAN
Abstract
Tujuan usaha adalah untuk mendapatkan laba. Perencanaan laba memerlukan alat bantu berupa analisa titik impas yang mempelajari hubungan antara biaya tetap, biaya variabel, keuntungan dan volume kegiatan, sehingga dalam suatu industri harus berusaha semaksimal mungkin menghindari kerugian atau keadaan impas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa besarnya keuntungan dan titik impas dan untuk mengetahui dampak analisa titik impas sebagai perencanaan laba jangka pendek pada beberapa produk kacang olahan industri kecil menegah di Kawangkoan tahun 2013. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Industri A, B, C, D, E, dan F sudah mampu mengoptimalkan kinerjanya sehingga sudah memperoleh penjualan di atas titik impas. Laba kontribusi yang paling tinggi terdapat pada industri C dengan produk Kacang Gula sedangkan laba kontribusi yang paling kecil pada industri F dengan produk Kacang Belimbing dan Kacang Merah. Para pengusaha industri di Kawangkoan hendaknya melakukan pengklasifikasian biaya berdasarkan perilaku biaya yang diperlukan dalam melakukan perencanaan laba yang lebih baik lagi untuk keuntungan yang lebih besar.
Kata kunci: titik impas, perencanaan laba jangka pendek
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.