PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN FILOSOFI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MEUBEL BAMBU BATIK TEKUN JAYA DI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Sandhi CH. Kakasih, Silvya L. Mandey, Willeam J.F.A. Tumbuan

Abstract


Keberhasilan dalam penjualan bergantung pada seberapa baik sebuah perusahaan mengatur dan mengunakan strategi penjualan yang tepat. Sebuah perusahaan mampu mempertahankan kepuasan pelanggan dan memberikan penghargaan bagi perusahaan itu sendiri yaitu dengan loyalitas konsumennya. Kebutuhan dan keinginan konsumen membutuhkan konsep pemasaran yaitu marketing-mix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, dan filosofi terhadap loyalitas konsumen Meubel Bambu Tekun Jaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kecamatan Tamako, Desa Balane. Metode penelitian  asosiatif dengan analisis data regresi melalui pengujian asumsi klasik. Pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial  produk, harga, promosi, dan filosofi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hasil uji menunjukan bahwa produk merupakan variabel yang dominan dalam penelitian ini. Sebaiknya usaha meubel bambu perlu meningkatkan kualitas dan tampilan produk, penetapan harga reasonable (masuk akal), meningkatkan promosi dan peningkatan penyajian filosofi produk bagi konsumen, agar loyalitas konsumen terhadap produk meubel bambu batik dapat meningkat.

Kata kunci: produk, harga, promosi, filosofi, loyalitas konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.