BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HELLO TOURS AND TRAVEL MANADO
Abstract
Perkembangan dunia usaha ini ditandai dengan makin banyaknya persaingan. Munculnya perusahaan yang menawarkan jenis produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing dalam pemasaran dan di dalamnya terdapat penyampaian jasa sehingga konsumen bisa ikut merasakan produk-produk yang ada di dalam perusahaan. Bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon dari pasar sasaran sehingga menciptakan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan dan parsial dari produk, harga, tempat, promosi, orang proses, dan bukti fisik terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian adalah metode asosiatif. Instrument penelitian menggunakan skala Likert dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa, secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial produk, harga, promosi, proses, bukti fisik berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Tempat dan orang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Manajemen Hello Tours and Travel Manado sebaiknya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen khususnya pada aspek Tempat dan Orang agar konsumen merasa lebih menyenangkan dengan pelayanan yang diberikan.
Kata kunci: bauran pemasaran jasa, kepuasan konsumen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.