BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI HELLO TOURS AND TRAVEL MANADO

Tisye Pingkan Elat, Lotje Kawet, Altje Tumbel

Abstract


Perkembangan dunia  usaha ini ditandai dengan  makin banyaknya  persaingan. Munculnya perusahaan yang menawarkan jenis produk yang berkualitas dengan harga yang  bersaing  dalam pemasaran dan di dalamnya  terdapat penyampaian  jasa sehingga konsumen bisa ikut merasakan produk-produk yang ada di dalam  perusahaan. Bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan  bukti fisik yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon dari pasar sasaran sehingga menciptakan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara simultan dan parsial dari produk,  harga, tempat, promosi, orang proses, dan bukti fisik terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian adalah metode asosiatif. Instrument penelitian menggunakan skala Likert dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, mengingat model tersusun atas sejumlah hubungan kausal antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa, secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial produk, harga, promosi, proses, bukti fisik berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Tempat dan orang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Manajemen Hello Tours and Travel Manado sebaiknya meningkatkan pelayanan terhadap konsumen khususnya pada aspek Tempat dan Orang agar konsumen merasa lebih menyenangkan dengan pelayanan yang diberikan.

Kata kunci: bauran pemasaran jasa, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.