ANALISIS MOTIVASI, PERSEPSI, PEMBELAJARAN, KEYAKINAN DAN SIKAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. CONBLOC INDONESIA SURYA MANADO

Sisilya Truly Retor

Abstract


Konsumen hidup dalam sebuah lingkungan yang kompleks. Keputusan konsumen dalam membeli sebuah produk dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari dalam diri sendiri, maupun dari luar diri atau lingkungannya. Faktor psikologis merupakan faktor yang paling sering muncul dari dalam perilaku pembelian konsumen seperti: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap yang pada masing-masing konsumen berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap terhadap Keputusan Pembelian Paving Block pada PT. Conbloc Indonesia Surya Cabang Manado. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan skala likert. Sampel yang digunakan  66 responden dari populasi sebanyak 194 konsumen, berdasarkan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap bepengaruh terhadap Keputusan Pembelian Paving Block pada PT. Conbloc Indonesia Surya Cabang Manado. Variabel yang dominan berpengaruh adalah Sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Manajemen perusahaan harus tetap menjaga kualitas dan melakukan langkah inovatif dalam konsep dan desain, karena produk yang ditawarkan perusahaan dapat menjadi salah satu pembentukan motif pembelian, persepsi kualitas produk, pembelajaran, serta sikap dalam melakukan keputusan pembelian.

Kata kunci: motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, sikap, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.