CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA PADA SEKOLAH MENGEMUDI MELATI DI MANADO

Melisa E.B. Go, Joyce Lapian, S. Moniharapon

Abstract


Peningkatan kebutuhan akan ilmu pengetahuan mengakibatkan banyaknya persaingan dalam bisnis. Keberhasilan pengusaha untuk menarik dan mempertahankan pelanggan membutuhkan usaha, kerja keras dan inovasi dari pihak perusahaan. Jika suatu perusahaan memiliki kualitas pelayanan yang baik maka perusahaan akan semakin memiliki banyak pelanggan dan citra dari perusahaan itu sendiri juga akan baik sehingga menarik minat konsumen untuk memutuskan menggunakan suatu jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Sekolah Mengemudi Melati secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini yaitu 43 pengguna jasa Sekolah Mengemudi Melati di Manado pada bulan Januari dan Februari dan sampel yang digunakan sebanyak 30 responden. Teknik analisis data menggunakan Analisis Korelasi dan Regresi Linear Berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama atau simultan Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan sebagai variabel bebas memiliki pengaruh terhadap Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Jasa Perusahaan.Secara parsial Citra Perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Menggunakan Jasa sedangkan Kualitas Pelayanan secara parsial memiliki pengaruh terhadap Keputusan Menggunakan Jasa.Pihak perusahaan perlu senantiasa meningkatkan  Kualitas Pelayanan terhadap para konsumen sebab dengan meningkatnya Kualitas Pelayanan maka Keputusan Konsumen untuk Menggunakan Jasa juga akan semakin meningkat.

Kata kunci: citra, kualitas pelayanan, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.