IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU GSM TRI DI MANADO

Mario Mandagie, Jantje L. Sepang, Bode Lumanauw

Abstract


Iklan merupakan salah satu media komunikasi pemasaran yang kerap digunakan dalam aktivitas ekonomi dalam upaya mengenalkan produk kepada konsumen. Tujuan akhir dari sebuah iklan bagi sebuah perusahaan adalah untuk mempengaruhi sikap, persepsi dalam perilaku konsumen sehingga konsumen berperilaku sesuai dengan yang diinginkan perusahaan yaitu membeli dan menggunakan produknya. Merek yang mampu memberikan kesan yang berarti bagi konsumen akan lebih mudah untuk mendapat perhatian khusus dari konsumen. keputusan konsumen dalam membeli barang atau jasa sangat dipengaruhi oleh citra merek, sehingga konsumen lebih memilih produk atau jasa yang mereknya bercitra positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian kartu GSM Tri di Manado. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna kartu GSM Tri di Manado, dengan sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sebaiknya manajemen meningkatkan citra merek dari kartu Tri sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli kartu Tri.

Kata kunci: iklan, citra merek, keputusan pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.