MOTIVASI, SIKAP DAN MINAT BELI KONSMEN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PT. HASJRAT ABADI SENTRAL YAMAHA MANADO

Opricard Montjai, Bernhard Tewal, Victor P.K. Lengkong

Abstract


Penelitian ini didasari dari kondisi persaingan bisnis yang cukup ketat dan tinggi khususnya industri otomotif, sehingga perusahaan dituntut untuk merancang strategi pemasaran terlebih khusus strategi untuk memahami perilaku konsumen, sehingga perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan mampu mempertahankan konsumen didalam persaingan pangsa pasar yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi, sikap, dan minat beli konsumen terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6785. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian adalah asosiatif, dengan teknik analisis regresi berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Motivasi, sikap dan minat beli konsumen berpengaruh signifikan secara simultan, tetapi secara parsial hanya variabel sikap yang berpengaruh signifikan. Manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan faktor psikologi konsumen dari segi motivasi, sikap dan minat beli konsumen, sehingga perusahaan dapat meningkatkan volume penjualan.

Kata kunci : motivasi, sikap, minat beli, keputusan pembelian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.2.4.2014.6215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.