PENGARUH EKSPERIENTAL MARKETING DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PENGGUNA MOBIL SUZUKI ERTIGA PADA PT. SINAR GALESONG PRIMA MANADO

Christy Angelina Warokka, Joyce Lapian, Rotinsulu Jopie Jorie

Abstract


Pesatnya perkembangan ekonomi di Indonesia memunculkan banyak industri besar serta perusahaan-perusahaan besar baru, salah satunya di bidang otomotif. Salah satu perusahaan otomotif yang ada di Indonesia adalah perusahaan otomotif asal negara Jepang yaitu Suzuki yang dijual melalui distributor PT. Sinar Galesong Prima Manado. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh eksperiental marketing dan kepuasan terhadap loyalitas konsumen pengguna mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna Suzuki Ertiga, yang berjumlah 1.500 konsumen, dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang responden yang didapat lewat rumus Slovin. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Eksperiental Marketing dan Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima Manado. Eksperiental marketing dan Kepuasan secara parsialĀ  memiliki pengaruh terhadap terhadap loyalitas konsumen pengguna mobil Suzuki Ertiga di PT. Sinar Galesong Prima Manado. Eksperiental marketing juga merupakan variabel paling dominan atau yang paling kuat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen dibandingkan dengan variabel lainnya dalam model penelitian ini. Manajemen perusahaan sebaiknya meningkatkan Eksperiental Marketing agar loyalitas konsumen dapat menjadi lebih baik.

Kata kunci: eksperiental marketing, kepuasan, loyalitas konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.1.2015.7083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.