STRATEGI PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KINERJA SIRKULASI SURAT KABAR MANADO POST

Inri Wongkar, Agus Supandi Soegoto

Abstract


Keberhasilan perusahaan untuk melayani para pelangganya, juga ditentukan oleh kinerja saluran distribusi.  Untuk itu dibutuhkan saluran distribusi yang baik dalam hal meminimalkan waktu produk masuk ke  pasar secara cepat dan tepat. Selain itu strategi promosi juga digunakan untuk merangsang, mendorong penjualan produk, dan  memelihara citra perusahaan tetap tinggi dimata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Promosi dan Saluran Distribusi  terhadap Kinerja Sirkulasi surat kabar Manado Post baik secara simultan maupun parsial.  Metode penelitian adalah asosiatif, dan tehnik pengambilan data menggunakan survey. Populasi penelitian ini adalah para manajer, staf, dan penyalur koran, surat kabar Manado Post di kota Manado. Sampel yang digunakan 100 responden dan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan Strategi Promosi dan Saluran Distribusi secara bersama (simultan) berpengaruh terhadap Kinerja Sirkulasi pada Surat Kabar Manado Post, Secara parsial Strategi Promosi dan Saluran Distribusi masing-masing berpengaruh terhadap Kinerja Sirkulasi pada Surat Kabar Manado Post, Sebaiknya pihak manajemen Manado Post memperhatikan Saluran Distribusi, mengingat koefisien regresi Saluran Distribusi dimata responden rendah.  Hal ini dapat dilakukan misalnya dengan cara melakukan evaluasi terhadap setiap point pada Saluran Distribusi untuk meningkatkan efektivitas distribusi surat kabar sehingga meningkatkan kecepatan saluran dan penerimaan surat kabar kepada konsumen.

Kata kunci: strategi promosi, saluran distribusi, kinerja sirkulasi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.8903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.