PENGARUH STABILITAS PENJUALAN DAN STRUKTUR AKTIVA TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCT YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2010-2013

Cinthia Yurike Mawikere, Paulina Van Rate

Abstract


Struktur modal berhubungan dengan penentuan ukuran hutang dan modal dalam penggunaannya sebagai sumber dana suatu perusahaan. Struktur modal sendiri merupakan perbandingan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stabilitas penjualan, dan struktur aktiva, terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini 12 perusahaan automotive and allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi yaitu 12 perusahaan automotive and allied product yang terdaftar di BEI. Metode analisis yang digunakan yaitu Regresi Berganda. Hasil analisis melalui uji hipotesis, secara simultan Stabilitas Penjualan, dan Struktur Aktiva berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal. Secara parsial Stabilitas Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal, sedangkan Struktur Aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal. Bagi perusahaan automotive and allied product hendaknya mempertimbangkan terlebih dahulu  faktor Stabilitas Penjualan, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Modal. Perusahaan sebaiknya meningkatkan kinerja penjualannya dengan demikian akan berpengaruh terhadap kemajuan dan nilai perusahaan dimasa akan datang

Kata kunci : struktur modal, stabilitas penjualan, struktur aktiva.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.