PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEBIJAKAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA KAWAN BARU MANTOS MANADO

Angelia Gabriela Sampelan, Sem G. Oroh, Silcyljeova Moniharapon

Abstract


Pelanggan saat ini dihadapkan dengan berbagai alternative dalam memilih restoran yang sesuai dengan minat dan seleranya. Pada umumnya pelanggan akan merasa senang jika dilayani dengan baik, ramah, dan penuh perhatian, juga dipandang penting sehingga akan timbul kepuasan dalam membeli barang / jasa dan menjadi loyal pada perusahaan tersebut. Loyalitas pelanggan terhadap perusahaan tidak lepas dari jenis kualitas pelayanan yang diberikan, kualitas produk yang ditawarkan, dan kebijakan harga yang ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kebijakan harga terhadap loyalitas konsumen Kawan Baru Mantos baik secara simultan dan parsial.  Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen restoran Kawan Baru Mantos.Sampel berjumlah 100 responden yang ditarik melalui rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kebijakan Harga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Kawan Baru Mantos. Secara parsial kualitas pelayanan, kualitas produk dan kebijakan harga  berpengaruh  signifikan terhadap Loyalitas Konsumen.Variabel yang paling dominan adalah kualitas produk. Pimpinan restoran  Kawan Baru sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan kepada para konsumennya.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk, kebijakan harga, loyalitas konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.