PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA RUMAH MAKAN OCEAN 27 MANADO

Mega Silvia Ransulangi, Silvya Mandey, Willem A. Tumbuan

Abstract


Globalisasi saat ini memberi dampak yang besar terhadap kehidupan masyarakat, terutama terlihat dari gaya hidup. Untuk memenuhi kebutuhan akan makanannya masyarakat lebih cenderung pergi ke restoran cepat saji karena keinginan mencari variasi, atau enggan untuk membuat makanannya sendiri. Pola pikir masyarakat yang berkembang serta berubah-ubah tidak luput dari pengaruh kemajuan teknologi. Menghadapi persaingan yang ada perusahaan harus mampu menempatkan produknya di tengah-tengah persaingan bisnis yang ketat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Rumah Makan Ocean 27 Manado. Jenis penelitian yaitu penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh konsumen dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan Kualitas Produk, Harga dan Servicescape berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Secara parsial Kualitas Produk dan Servicescape berpengaruh signifikan sedangkan Harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen. Mengingat Kualitas Produk, Harga dan Servicescape memiliki pengaruh positif dan signifikan serta memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap Kepuasan Konsumen maka pihak Rumah Makan Ocean 27 sebaiknya memperhatikan Kualitas Produk dan Servicescape yang ada.

 

Kata kunci: kualitas produk, harga, servicescape, kepuasan konsumen


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.