PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI, DAN PEMBAGIAN KERJA TERHADAP KINERJA POLISI PADA POLDA SULUT MANADO
Abstract
Sumber daya manusia yang dimiliki oleh instansi terdiri dari kumpulan individu yang berbeda-beda baik sifat, karakter, keahlian, pendidikan, latar belakang pengalaman dalam setiap individu. Seorang pemimpin harus menerapkan gaya kepemimpinan untuk mengelola bawahannya, karena seorang pemimpin akan sangat mempengaruhi keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan, komunikasi, dan pembagian kerja baik secara simultan maupun secara persial terhadap kinerja polisi. Jenis penelitian ini kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 57 orang dari 57 populasi pada tahun 2015 dengan menggunakan metode sampling jenuh. Teknik analisis mengunakan analisi regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan, komunikasi, dan pembagian kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja polisi, namun secara persial pembagian kerja tidak signifikan. Pimpinan Direktorat Lalu Lintas Bagian Patroli Jalan Raya Polda Sulut Manado harus lebih meningkatkan gaya kepemimpinan dan komunikasi antar anggota sehingga tugas yang dibagikan dapat terselesaikan dengan baik.
Kata kunci : gaya kepemimpinan, komunikasi, pembagian kerja, kinerja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.9772
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.