Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Wirausaha Wanita Di Kota Manado
Abstract
Abstract.This study aims to analyze factors influencing profit growth of small and medium entreprises owned by women in Manado city. This is a quantitative research study. Questionnaires were distributed to 66 respondentse and data were analysed by Ordinary Least Square (OLS). Findings indicate that despite women entrepreneurs can borrow some bank loans, their business profit growth does not increase. High interest rate of their loans may cause the increasing in their expenses which cause the decreasing in their profit. Other problems are they could not manage their business sufficiently due to their incapabilities in managing their capital, financing and accounting systems. On the other hand, access to market information positively and significantly their business profit growth. Given their access to market information, it is possible for them to attain new market share and to compete by providing innovative and customer-oriented products. Thus, their sales revenue and profit can increase. Variable of motivation negatively influences their business profit growth. It is because despite they are highly motivated to run their business, they must prioritize their family over their business and therefore they can not be optimally productive. Nevertheless, entrepreneurship skills can increase their business growth. Their management, accounting, marketing and operating skills can allow them to run and manage their business well, so their profit can increase.
Keywords: Women SMEs, profit growth, bank loans, access to market information, motivation, entrepreneurship skills
Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pertumbuhan laba UMKM wirausaha wanita di Kota Manado yang nantinya diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah dan pihak terkait untuk membuat kebijakan yang dapat membantu peningkatan kinerja UMKM wirausaha wanita di Kota Manado. Metode analisis yang digunakan adalah metode kausalitas yang menjelaskan mengenai pengaruh akses atas lembaga keuangan, akses UMKM atas informasi pasar, motivasi kerja, serta kemampuan kewirausahaan terhadap peningkatan laba UMKM wirausaha wanita. Untuk melakukan analisis tersebut, digunakan alat analisis regresi berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Penelitian ini menggunakan 66 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pertumbuhan laba dari UMKM wirausaha wanita di Kota Manado yang memiliki akses ke lembaga keuangan ternyata lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki akses ke lembaga keuangan. Hal ini menunjukkan akses ke lembaga keuangan menurunkan tingkat laba mereka yang disebabkan tingginya bunga yang harus mereka bayar sehingga pendapatan laba mereka menjadi menurun, dan proses dan prosedur pengajuan pinjaman kredit dari bank yang berbelit. Akses informasi terhadap pasar meningkatkan laba UMKM wanita di Manado yang berarti dengan diperolehnya informasi terhadap pasar dapat memberikan kesempatan peluang pasar yang lebih luas bagi wirausaha wanita sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan mereka dan laba yang diperoleh. Varibel motivasi kerja para pelaku UMKM wanita berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan laba. Hal ini disebabkan para pelaku usaha wanita tidak dapat melepaskan kodrat mereka sebagai ibu dan perempuan yang dapat menurunkan produktivitas mereka. Variabel lainnya yaitu kemampuan menjalankan wirausaha yang memadai dapat meningkatkan pertumbuhan laba. Hal ini berarti kemampuan manajerial dan keuangan yang baik dapat membantu kegiatan operasional UMKM wirausaha wanita secara efisien dan efektif sehingga laba optimal dapat tercapai.
Kata Kunci: UMKM wanita, kinerja, peningkatan laba, lembaga keuangan, informasi pasar, motivasi kerja, kemampuan wiraswasta
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35800/jjs.v9i2.21584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All articles in Accountability Journal are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.