Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Pembelajaran Daring Di Kabupaten Kepulauan Talaud

Kezia Aprilia Manongga, Ventje Kasenda, Donald K Monintja

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah dalam penerapan pembelajaran daring di Kabupaten Kepuluan Talaud. Berdasarkan perumusan, fokus dan tujuan penelitian ini untuk memaparkan, menjelaskan, menganalisis dan mengambarkan bagaimana keadaan yang sebenarnya dalam penerapan kebijkan pembelajaran daring dikabupaten kepulauan talaud, kemudian menganalisis kebutuhan dan merancang kebijakan pemebelajran daring di Kabupaten Kepulauan Talaud yang ingin dicapai maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Kebijakan (policy) biasanya dikaitkan  dengan keputusan pemerintah dalam  rangka memilih tujuan dan cara untuk pencapaian tujuan tertentu kerena pemerintahlah yang mempunyai wewenang atau kekuasaan untuk mengarahkan masyarakat, dan bertanggung jawab untuk kepentingan umum. Sebagaimana pengertian kebijakan tentu sangat berkaitan dengan keputusan dan peraturan pemerintah ditengah wabah covid-19 yang berdampak pada sektor, mulai dari bidang ekonomi, sosial hingga bidang pendidikan. Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB menyatakan salah satu sektor yang terdampak adanya wabah ini adalah dunia Pendidikan (Purwanto dkk,2020:1). Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19, World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk menghentikan sementara kegiatan-kegiatan yang akan berpotensi menimbulkan kerumunan massa

 

 Kata Kunci : Kebijakan, Pemerintah, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Us:

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Universitas Sam Ratulangi

d/a. Gedung C Lt. 2 FISPOL - UNSRAT

Jl. Kampus Unsrat, Bahu Kec. Malalayang Kota Manado

Hp. 08124470355