Persepsi Masyarakat Pada Layanan Manado Siaga 112 Di Kota Manado

Gracia Ester Walanda Sumayku, Ronny Gosal, Stefanus Sampe

Abstract


Manado Siaga 112 merupakan salah satu layanan yang termasuk dalam program Smart City di Kota Manado. Manado Siaga 112 bertujuan untuk mengantisipasi dan mengatasi setiap permasalahan kedaruratan ataupun non-kedaruratan yang terjadi di Kota Manado. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi, pandangan, respon atau tanggapan dari masayarakat Kota Manado yang merupakan pengguna layanan Manado Siaga 112 terkait kualitas layanan yang dijalankan oleh Dinas Kominfo tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penilaian kualitas layanan dalam penelitian ini mengacu pada teori kualitas pelayanan publik menurut Lenvine (1990), meliputi 3 indikator yaitu: Responsiveness, Responsibility, dan Accountability. Pengukuran tingkat persepsi masyarakat menggunakan rumus Kategorisasi Data menurut teori Azwar (2012). Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan Manado Siaga 112 sudah berjalan baik, dimana sebanyak 60% responden telah memiliki tingkat persepsi yang tinggi terkait hasil layanan ini. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan oleh Dinas Kominfo Manado agar layanan Manado Siaga 112 kedepannya dapat berjalan dengan lebih berkualitas lagi, yaitu: 1)  Masalah kedaruratan di masyarakat belum mudah dan cepat terselesaikan saat menggunakan layanan Manado Siaga 112; 2) Sosialisasi terkait layanan ini belum berjalan maksimal; dan 3) Data Rekapitulasi Laporan yang masuk dalam layanan Manado Siaga 112 belum diunggah secara bebas dan berkala oleh Dinas Kominfo Manado.

 

Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Kualitas Pelayanan Publik, Siaga 112.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Us:

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Universitas Sam Ratulangi

d/a. Gedung C Lt. 2 FISPOL - UNSRAT

Jl. Kampus Unsrat, Bahu Kec. Malalayang Kota Manado

Hp. 08124470355