Alat Peraga Digital Pengenalan Pahlawan Sulawesi Utara

Feiby M. Pongoh, Alicia A.E. Sinsuw, Virginia Tulenan

Abstract


Abstrak --- Pembelajaran pada saat ini sangat didukung oleh peran teknologi. Berbagai media pembelajaran terus bermunculan seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat. Begitu juga dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh anak khususnya yang berusia 4-10 tahun dimana mereka cenderung lebih menginginkan pembelajaran dengan konsep yang menarik biasanya berupa alat peraga yang bersifat permainan, agar dapat meningkatkan ketertarikan anak dalam proses pembelajaran. Karena anak-anak lebih tertarik melakukan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga maka dibuat alat peraga yang berupa permainan puzzle. Tujuan pembuatan alat peraga ini untuk mengenalkan Pahlawan dari Sulawesi Utara kepada anak usia 4-10 tahun. Permainan dikembangkan dengan menggunakan Game Engine Unity 3D pada platform yang berbasis desktop dengan tema Pahlawan. Metodologi yang digunakan dalam membuat aplikasi ini menggunakan Metode Pemrograman Ekstrem dan perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling Language. Kelebihan dari aplikasi alat peraga ini yaitu penggunaannya mudah dan dapat di mengerti oleh usia anak-anak. Setiap puzzle Pahlawan yang dimainkan akan memberikan informasi tentang biografi tentang Pahlawan tersebut jika permainan puzzle telah tersusun.

Kata Kunci : Puzzle, Alat Peraga, Pahlawan, Unity 3D,  Anak-anak


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.8.1.2016.12198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131