Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Dasar Menggunakan Metode Unified Software Development Process
Abstract
Bahasa Mandarin merupakan salah satu Bahasa yang terkenal di seluruh dunia. Ada sekitar 1.302 juta orang dengan berbagai kalangan umur telah menggunakan Bahasa mandarin, sehingga karena alasan tersebut banyak sekolah termasuk Sekolah Dasar (SD) Advent 1 Tikala Manado telah memasukkan Bahasa Mandarin sebagai salah satu mata pelajaran Bahasa asing. Namun siswa-siswa SD Advent 1 Tikala Manado merasa kesulitan dalam mempelajari Bahasa Mandarin dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang dapat membantu mereka dalam mempelajari Bahasa Mandarin di luar jam sekolah. Aplikasi pembelajaran Bahasa Mandarin Dasar merupakan solusi untuk membantu siswa SD Advent 1 Tikala Manado dalam mempelajari Bahasa Mandarin, baik dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah. Unified Software Development Process (USDP) merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang prosesnya dikendalikan oleh Use Case (use case driven) dan dikerjakan secara berulang (iterative) sehingga pada akhirnya menghasilkan perangkat lunak terintegrasi berukuran besar yang terbentuk secara bertahap (Incremental) dengan bantuan Unified Modeling Language (UML) sebagai alat bantu utama analisis dan perancangan sistem perangkat lunak. Aplikasi pembelajaran Bahasa Mandarin Dasar dibuat dengan fitur belajar dan bermain. Fitur belajar dilengkapi dengan materi pengajaran yang digolongkan ke dalam beberapa kategori yaitu kategori kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 serta sub fitur berupa suara dengan tujuan siswa bisa mengetahui cara pengucapan suatu kata. Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan agar aplikasi ini bisa membantu siswa dalam mempelajari Bahasa Mandarin pada jam sekolah maupun diluar jam sekolah.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14137
Refbacks
- There are currently no refbacks.