M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality

Elsa Patricia Senduk, alicia sinsuw, Stanley Karouw

Abstract


Peranan teknologi dinilai sangat penting untuk masyarakat umum dalam berbagai bidang tak terkecuali pada bidang pendidikan, perubahan gaya belajar pun mulai mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan ini membawa pengaruh besar dalam proses belajar mengajar baik di tingkat pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi, misalnya sekarang ini para pengajar sudah dituntut untuk memberikan materi pelajaran dengan cara yang lebih interaktif dan menarik agar anak didik mudah dalam memahami pelajaran. Pendidikan karakter merupakan salah satu pelajaran yang termasuk dalam kurikulum pendidikan tingkat anak usia dini atau PAUD. Pelajaran tentang pendidikan karakter, pengajar PAUD sendiri merasa masih sulit untuk mendapatkan alat peraga yang sesuai dengan pelajaran pendidikan karakter.Untuk kasus seperti ini, sebenarnya dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, pengajar tidak harus berpaku pada alat peraga biasa, pengajar bisa menggunakan alat peraga dengan model yang sudah didigitalkan. Pada saat ini, penelitian yang berjudul “M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality” akan menghasilkan sebuah pengembangan pembuatan konten karakter dengan model animasi 3 Dimensi. Teknologi yang diterapkan pada pengembangan aplikasi ini adalah teknologi augmented reality (AR), teknologi AR ini merupakan penggabungan dunia maya dan dunia nyata yang terjadi secara realtime. Teknologi AR digunakan sebagai visualisasi animasi 3 dimensi tentang pelajaran pendidikan karakter. Aplikasi yang dihasilkan adalah sebuah alat peraga digital atau suatu media belajar yang interaktif dan menarik yang dikhususkan untuk membantu proses belajar mengajar yang dilakukan di tingkat pendidikan anak usia dini.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131