Rancang Bangun Game 3 Dimensi untuk Pengenalan Spesies Ikan Karang ( Studi Kasus : Taman Nasional Bunaken )

Hendra Claus Elia Purnomo, Virginia Tulenan, Brave A. Sugiarso

Abstract


 

 Game merupakan salah satu aplikasi kategori hiburan yang populer di kalangan masyarakat saat ini. Dengan memainkan aplikasi game, pengguna dapat menyerap informasi yang terkandung dalam game yang dimainkan secara tidak langsung. Sulawesi Utara merupakan provinsi yang terkenal akan keindahan karang – karang beserta ikan-ikan yang ada di dalam perairan Taman Nasional Bunaken (TNB),namun sebab kurangnya media untuk pengenalan akan spesies ikan karang, spesies-spesies ikan karang yang ada di TNB kurang dikenali. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun sebuah game yang bertujuan untuk memperkenalkan spesies-spesies ikan karang yang ada di TNB, aplikasi game ini diberi nama "DeepBlu". Game ini mempunyai genre simulasi dan dibangun menggunakan metode perancangan Player-Centric Game Design. Metode perancangan yang digunakan memiliki 3 tahap pembuatan yaitu : Tahap Konsep, Tahap Elaborasi, dan Tahap Tuning. Pembuatan game menggunakan aplikasi Blender untuk membuat model 3 dimensi ikan dan UNITY3D 5.3.4 sebagai game engine dikarenakan kedua aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa media game dapat digunakan untuk sebagai media pengenalan spesies ikan karang yang ada di TNB, diharapkan aplikasi game ini selanjutnya bisa dikembangkan dalam versi Android dan ditambahkan jumlah spesies ikan dalam game.

Kata kunci : 3D Model, Blender, Game, Game Engine, Player-Centric Game Design, Spesies Ikan Karang, Taman Nasional Bunaken, UNITY3D.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131