Pengembangan Aplikasi Pelaporan Kuliah Kerja Terpadu Universitas Sam Ratulangi
Abstract
Abstract — Kuliah Kerja Terpadu (KKT) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan untuk melaksanakan KKT sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu : pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Diakhir kegiatan mahasiswa diwajibkan membuat laporan yang isinya adalah kegiatan, informasi atau gambaran serta program dari sejak perencanaan, pelaksanaan serta hasil yang dicapai. Penelitian ini bertujuan membuat sistem yang dapat memudahkan dalam melaporkan kegiatan KKT. Penelitian ini juga menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). RAD adalah metode pengembangan aplikasi yang relefan dalam pembuatan sistem ini. Dari penelitian tersebut maka akan menghasilkan aplikasi web yang dapat diakses dengan mudah.
Kata kunci — KKT, Pelaporan, RAD, Web
Abstract — Integrated Working Lecture (KKT) is a form of community service activities by students with a cross-scientific and Sectoral approach at a particular time and area. The Directorate General of Higher Education in Indonesia has obliged every university to implement the KKT as an Intrakurikuler activity that combines tri dharma of higher education is research, and community service. At the end of the activity the student is required to make a report whose contents are activities, information or description and program from the moment of planner, the implementation and the result achieved. This study aims to create a system that can facilitate in reporting KKT activities. This research also uses the RAD(Rapid Application Development) method, RAD is a relevant application development method in making this system From the research it will produce web applications that can be accessed easy.
Keywords — KKT, RAD, Reporting, Web.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35793/jti.13.2.2018.22487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.