Pengembangan Game 3D First Person Shooter Peristiwa Kemerdekaan 14 Februari 1946 Di Sulawesi Utara

Imanuel Julio Robot, Virginia Tulenan2 Tulenan, Sary D. E. Paturusi

Abstract


Sejarah merupakan bagian dari kehidupan manusia yang terjadi secara kronologis dan benar-benar terjadi pada masa  lampau dengan  didukung  bukti-bukti  yang  nyata. Namun, di zaman sekarang sejarah sudah mulai dilupakan terutama bagi kaum generasi muda. Salah satunya sejarah yang dilupakan yaitu peristiwa kemerdekaan 14 februari Sulawesi utara. Pada dasarnya  media  permainan  atau game diciptakan  sebagai sarana hiburan, tetapi akan lebih baik  jika game diciptakan sebagai sarana belajar agar supaya bisa lebih kreatif dalam berfikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan game pengenalan peristiwa kemerdekaan 14 februari 1946 di Sulawesi utara. Game ini bertipe FPS dengan genre Action 3D. Metode yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle ) yang terbagi dalam 6 tahap, yaitu: Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pembuatan game ini menggunakan Software open source(terbuka), yaitu Unity 3D, Mixamo untuk pembuatan animasi, dan Wondershare fillmora untuk pembuatan video cutscene dalam game.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/jti.15.2.2020.29076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131