3D Animation Interactive Learning About The Bad Impacts Of E-Cigarettes (Vape)

Jessica Lydia Runtukahu, Dringhuzen Jekke Mamahit, Brave Angkasa Sugiarso

Abstract


Abstract Smoking is a health problem that has not been resolved until now. The public's smoking habit is still difficult to stop. The emergence of e-cigarettes (vapes) has increased the number of novice smokers because they are considered safer than conventional cigarettes. But actually, e-cigarettes (vapes) contain chemicals and metals that are harmful to the health of their users. By utilizing technological developments, namely interactive 3-dimensional animation as a medium for socialization and education to make it more interesting. Following its objectives, this research has succeeded in making 3 dimensions animation of interactive learning about the bad impacts of e-cigarettes (vape). The method used is the Multimedia Development Life Cycle. These 3 dimensions of animation can be a media of socialization and learning that informs and educates about the bad effects of e-cigarettes that are effective and attract users.

 

Keyword Interactive 3D Animation; Bad Impact; MDLC; Electric Cigarette (vape).

 

Abstrak — Merokok merupakan masalah kesehatan yang belum dapat diselesaikan hingga saat ini. Kebiasaan merokok masyarakat masih sulit untuk dihentikan. Munculnya rokok elektrik (vape) membuat bertambahnya perokok pemula karena di anggap lebih aman dari rokok konvensional. Namun sebenarnya rokok elektrik (vape) memiliki kandungan kimia dan logam yang berbahaya bagi kesehatan penggunanya. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu animasi 3 dimensi interaktif sebagai media sosialisasi dan edukasi agar lebih menarik. Sesuai dengan tujuannya, penelitian ini telah berhasil membuat Animasi 3 Dimensi Pembelajaran Interaktif Tentang Dampak Buruk Rokok Elektrik (vape). Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle. Animasi 3 dimensi ini dapat menjadi media sosialisasi dan pembelajaran yang menginformasi dan mengedukasi tentang dampak buruk dari rokok elektrik yang efektif dan menarik minat penggunanya.

 

Kata kunci — Animasi 3D Interaktif; Dampak Buruk; MDLC; Rokok elektrik (vape)


Keywords


Animasi 3D Interaktif; Dampak Buruk; MDLC; Rokok elektrik (vape)

Full Text:

PDF

References


A. U. Hasanah and . S., “Hubungan Antara Dukungan Orang Tua, Teman Sebaya Dan Iklan Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Laki-Laki Madrasah Aliyah Negeri 2 Boyolali,” Gaster | J. Ilmu Kesehat., vol. 8, no. 1, pp. 695–705, 2011, [Online]. Available: http://jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/22.

K. Kesehatan and R. Indonesia, profil-kesehatan-Indonesia-2015. .

R. Alamsyah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebiasaan Merokok Dan Hubungannya Dengan Status Penyakit Periodontal Remaja Di Kota Medan Tahun 2007,” Jan. 2009.

T. S. Bam et al., “Position statement on electronic cigarettes or electronic nicotine delivery systems,” Int. J. Tuberc. Lung Dis., vol. 18, no. 1, pp. 5–7, 2014, doi: 10.5588/ijtld.13.0815.

Badan POM, Kajian Rokok Elektronik di Indonesia. 2017.

A. Karuniawati, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Rokok Elektrik (vape) pada Siswa SMP Negeri Se-Kecamatan Rambang Kabupaten Purbalingga,” Skripsi Fak. Ilmu Pendidik. Univ. Negeri Semarang, pp. 29–30, 2019.

D. Yosua, “Persepsi Generasi Milenial Tentang Penggunaan Rokok Elektrik ( VAPE ) di Kecamatan Medan Selayang Tahun 2018,” pp. 1–129, 2018.

E. M. A. Lumingkewas et al., “Video Animasi Interaktif Pengenalan dan Pencegahan Kanker Serviks,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 3, 2018, doi: 10.35793/jti.13.3.2018.28080.

I. C. P. Palendeng, D. J. Mamahit, B. Narasiang, T. Informatika, U. Sam, and R. Manado, “Rancang Bangun Video 3 Dimensi Interaktif Cerita Alkitab Tentang Tembok Yerikho,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 3, pp. 1–8, 2018, doi: 10.35793/jti.13.3.2018.28071.

C. K. Nelwan, D. J. Mamahit, B. A. Sugiarso, and A. Yusupa, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 1,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 1, pp. 45–54, 2020, doi: 10.35793/jti.15.1.2020.29036.

D. Porsche, V. Tulenan, and B. A. Sugiarso, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 173–182, 2019, doi: 10.35793/jti.14.2.2019.23992.

T. Vaughan, “Multimedia : Making It Work (8th edition),” p. 1, 2011.

A. S. Hashlinda, “Implementasi Algoritma Block Matching pada Ekstraksi Objek Bergerak,” Pap. Present. Math. 518.1 Has i, 2013, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012, [Online]. Available: http://digilib.its.ac.id/ITS-paper-12021130002017/24654%0Ahttp://files/251/ITS-paper-24654-1208100046-Paper-HASHLINDA.pdf%0Ahttp://files/253/24654.html.

D. Maryani, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika,” vol. 6, no. 2, pp. 18–24, 2014.

A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. AP Professional, 1994.




DOI: https://doi.org/10.35793/jti.16.1.2021.32465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131