Rancang Bangun Game Edukasi : Trivia Solar System

Dandi Natanael Sajangbati, Sumenge Tangkawarouw Godion Kaunang, Arthur Mourits Rumagit

Abstract


Solar System merupakan kumpulan benda-benda langit yang mengelilingi matahari sebagai pusatnya, yang dimana terdiri dari planet, komet, asteroid, dan benda-benda langit lainnya. Solar System sendiri terdapat dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang biasanya diajarkan di sekolah. Benda-benda langit tersebut berupa planet, asteroid, satelit dan banyak benda langit yang lainnya. Planet tersebut diantaranya adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Dalam hal ini juga cara menyampaikan materi kepada anak-anak tentang tata surya harus menggunakan metode yang bisa membuat menyenangkan agar tidak mudah bosan dan bisa mudah dipahami. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian dengan mengambil topik game edukasi tentang Trivia Solar System dengan memiliki tampilan 3 dimensi (3D), yang bertujuan untuk mengenalkan solar system pada anak-anak. Game ini dibangun dengan menggunakan Multimedia Development Life Cycle, yang dimana memiliki tahapan-tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, dan distribution. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat membantu memperkenalkan Solar System kepada anak-anak dengan baik.

Keywords


Game; Edukasi; Trivia; Solar System; 3 Dimensi MDLC;

Full Text:

PDF

References


G. S. Paruntu, S. Tangkawarouw, G. Kaunang, and V. Tulenan, “Game Based Education : Shorinji Kempo,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 2, 2020.

L. Y. D. Pangau, S. Tangkawarouw, G. Kaunang, and V. Tulenan, “Game Based Education : Pengenalan Peristiwa Sejarah Permesta di Minahasa,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 2, 2019, doi: 10.35793/jti.14.2.2019.23995.

O. I. J. Lontoh, T. Virginia, S. Tangkawarouw, and G. Kaunang, “Learning Application of English Subject for Children with Intellectual Disability,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 3, 2019, doi: 10.35793/jti.14.3.2019.27124.

C. A. Sugianto, “Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan,” Informatics Res. Dev., 2018.

R. Bangun et al., “Development Digital Educational Game : Mitigation Tsunami Disaster,” J. Tek. Inform., no. 2, pp. 111–120, 2021.

S. Elok, W. Wahono, Wasis, and S. Dwi, Mari Belajar IPA Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

R. T. Singkoh, A. S. M. Lumenta, and V. Tulenan, “PERANCANGAN GAME FPS (FIRST PERSON SHOOTER) POLICE PERSONAL TRAINING,” J. Tek. Elektro dan Komput., vol. 5, no. 1, 2016, doi: 10.35793/jtek.5.1.2016.11490.

S. Karimah and H. Hastuti, “THE DEVELOPMENT STRATEGY OF LAKE KELIMUTU TOURIST ATTRACTION IN ENDE REGENCY,” Geosfera Indones., vol. 4, no. 2, 2019, doi: 10.19184/geosi.v4i2.9222.

Sutopo, “Pengembangan Model Pembelajaran Pembuatan Aplikasi Multimedia Khususnya Puzzle Game Pada Mata Kuliah Multimedia,” Pascasarjana, U.Jakarta, 2009.

L. S. Mongi, A. S. M. Lumenta, and A. M. Sambul, “Rancang Bangun Game Adventure of Unsrat Menggunakan Game Engine Unity,” J. Tek. Inform., vol. 13, no. 1, 2018, doi: 10.35793/jti.13.1.2018.20191.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.




DOI: https://doi.org/10.35793/jti.17.1.2022.35856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by  Informatics Engineering Study Program, Sam Ratulangi University, Manado, p-ISSN : 2301-8364 dan e-ISSN : 2685-6131