Brand Personality Terhadap Rasa Percaya Diri Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Loyalty

Velia Audi Hervitya, Nurul Azizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Brand Personality terhadap Rasa Percaya Diri atas Keputusan Pembelian dengan mediasi Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Perguruan Tinggi Surabaya yang merupakan pengguna atau pernah menggunakan produk iPhone. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis PLS (Partial Least Square) yang dihitung menggunakan software smartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui Brand Personality, Perceived Quality, dan Brand Loyalty berpengaruh secara signifikan terhadap Rasa Percaya Diri atas Keputusan Pembelian. Sedangkan Brand Awareness berpengaruh tidak signifikan terhadap Rasa Percaya Diri atas Keputusan Pembelian. Kemudian juga dapat diketahui bahwa Brand Personality berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Awareness, Perceived Quality, dan Brand Loyalty.  


Full Text:

PDF

References


Addha, E. V. (2017). Studi Deskriptif Gaya Hidup Pada Mahasiswa Pengguna Iphone Di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.

Fauziah, A. (2016). Pengaruh Brand Personality Dan Sales Promotion Terhadap Purchase Decision Produk Maybelline. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 4(2).

Fauziyawati, R., & Utami, L. D. (2016). Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Dan Keputusan Pembelian Hijab. 16 no 2. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/2101/1496

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square ( Sem-Pls ) Dengan SmartPLS. Modul Pelatihan, 1–4.

Lestari, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek , Kesan Kualitas , Dan Asosiasi Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Yamaha Mio Di Surabaya. 16(2), 174–181.

Mahuda, F. D. (2017). Pengaruh Brand Personality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism). 8(2), 151–167.

Nurdiansyah, C. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Rasa Percaya Diri Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sarung BHS ( Studi Kasus pada Toko AL- Bagdadi ). Jurnal Komunikasi, 9(1), 135–141. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Ocktaria, R., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Brand Personality Dan Sales Promotion Terhadap Brand Equity Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswi Pengguna Produk Wardah Kosmetik Di Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 23(1), 85974.

Richowanto, M. (2021). Analisis Persepsi, Perilaku, Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Penggunaan Ulang Dompet Digital (E-Wallet) Ovo Di Kota Surabaya (Vol. 4, Issue 1).

Siregar, Y. K., & Zulkarnain. (2015). Analisis Pengaruh Brand Personality Terhadap Brand Awareness Dan Perceived Quality Dalam Keputusan Pembelian Kartu Provider XL Di Kota Pekanbaru. VII(1).

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/23/apple-iphone-12-jadi-smartphone-terlaris-pada-kuartal-i-2021, diakses pada 3 Oktober 2021




DOI: https://doi.org/10.35797/jab.v12.i2.118-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Velia Audi Hervitya, Nurul Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Kantor Editor :

Jl. Kampus Bahu Unsrat, Malalayang - Manado 95115

No. Telp. +62 81242877176, +62 82348699889