Kemudahan Penggunaan, Resiko, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Repurchase Intention pada Situs Belanja Online Shopee

Salsabila Putri Azhari, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, resiko, dan kepercayaan konsumen terhadap repurchase intention pada situs belanja online Shopee. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode suvey. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi administrasi tahun ajaran 2020/2021 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Sampel penelitian ini sebanyak 168 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria telak melakukan transaksi pada situs belanja online Shopee sebanyak lebih dari 2 kali transaksi. Teknik pengumpulan data melalui metode kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variable kemudahan penggunaan dan kepercayaan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, sedangkan variabel resiko berpengaruh negative dan tidak signifikan. 


Full Text:

PDF

References


Andrian, Agus et al (2014). Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Sikap Penggunaan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System: Studi Pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. Jurnal Mahasiswa Perpajakan. Volume 3. No. 1

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Istanti, Fredianaika (2017) Pengaruh Harga,Kepercayaan,Kemudahan Berbelanja Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online Di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis Teknologi, 4 (1). Pp. 14-22. Issn 2355-8865

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Prathama, Frenky dan Sahetapy, Wilma Laura. (2019). Pengaruh Kemudahan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen E-Commerce Lazada. Volume 7. Nomor 1. Universitas Kristen Petra

Setyo, R. Dede, S. dan Usep. (2015). “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Card (Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia. Vol.6. No. 1.pp:440-465

Suresh, A.M., dan Shashikala R., 2011, “Identifying Factors of Consumer Perceived Risk toeards Online Shopping in India”, IPEDR, 12, hal.336-341

Suryani, Tatik. (2012). Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2018. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Wiyata, Mariati Tirta. Putri, Elisya Pramana. Gunawan, Ce. (2020). Pengaruh customer experince, ease of use, dan customer trust terhadap repurchase intention konsumen situs jual beli online Shopee dikalangan mahasiswa kota sukabumi. Repositori IMWI. Volume 3, Nomor 1. Institut Manajemen Wiyata Indonesia




DOI: https://doi.org/10.35797/jab.v12.i2.132-138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salsabila Putri Azhari, Nurhadi Nurhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Kantor Editor :

Jl. Kampus Bahu Unsrat, Malalayang - Manado 95115

No. Telp. +62 81242877176, +62 82348699889