Manajemen Pemasaran Online Masa Pandemi Covid-19 di Cozy Time Café Tomohon

Ryalest M. B. Boka, Benedicta J. Mokalu, Johny A. F. Kalangi

Abstract


Artikel ini berisi pembahasan tentang manajemen pemasaran online dalam meningkatkan omset penjualan di masa pandemic Covid-19 di Cozy Time Café Tomohon. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis bisnis konvensional di masa pendemi Covid-19 dan menjelaskan serta menganalisis strategi manajemen Cozy Time Café di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jumlah informan sebanyak 18 orang yang terdiri dari; pemilik usaha, 2 orang karyawan, dan 15 orang pengunjung. Hasil dari penulisan artikel ini adalah pendemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap pendapatan harian juga bulanan dari Cozy Time Café dibandingkan sebelum adanya pandemi Covid-19. Sehingga, café ini gencar menggunakan media online dalam hal ini media sosial untuk mengajak semua pelanggan, melakukan promosi akan menu makanan dengan varian - varian terbaru serta pemasaran kepada pelanggan - pelanggan baru. Hasilnya adalah penggunaan media sosial sangat efektif karena dalam waktu relatif singkat bisa menjangkau semua pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru.     

Full Text:

PDF

References


Fahrika, A. I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perkembangan Makro Ekonomi di Indonesia dan Respon Kebijakan yang Ditempuh. FEB UNMUL.

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. BASKARA: Journal of Business & Entrepreneurship, 2(2), 83–92.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall by Pearson Education Inc.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah ( Working From Home/WFH ): Menuju Tatana n Baru Era Pandemi COVID 19. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 127–150.

Naim, R., & Asma. (2019). Pengantar Manajemen. Jawa Timur: Qiara Media.

Ready, A. (2016). Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi Akademik Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jom Fisip, 3(1).

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media.

Saparingga, W., Nurhasanah, N., & Nurhayati, N. (2015). Analisis Perbandingan Tingkat Perkembagan Usaha Mikro Kecil Menengah Sebelum dan Sesudah Mendapatakan Fasilitas Pembiayaan Mikro (Studi Kasus di BRI Syariah KCP Kopo Bandung). Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah, 1(2).

Suprihanto, J. (2018). Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suwendra, I. W. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dam Keagamaan. Bali: Nilacakra Publishing House.




DOI: https://doi.org/10.35797/jab.v12.i2.145-150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ryalest M. B. Boka, Benedicta J. Mokalu, Johny A. F. Kalangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh:

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Kantor Editor :

Jl. Kampus Bahu Unsrat, Malalayang - Manado 95115

No. Telp. +62 81242877176, +62 82348699889