PERILAKU BIROKRASI PEMERINTAH DALAM PELAYANAN PERIZINAN D1 KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Maxi Egeten

Abstract


Abstrak : munculnya paradigma good governance.birokrasi pemerintah diharuskan berubah
sikap dan perilakunya serta mampu memberikan layanan publik yang professional,
akuntabel dan transparan sebagaimana keinginan masyarakat. tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan perilaku birokrasi dalam pelayanan
perizinan di Kabupaten Minahasa Selatanyang belum baik. Hasil dari tujuan penelitian ini
diupayakan untuk ditemukannya konsep baru dalam rangka pengembangan ilmu
administrasi publik.
penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan maksud bahwa dalam penelitian ini
dapat mengungkap, menguraikan serta memahami fenomena yang terjadi pada Iatar dan
obyek penelitian yang dalam hal ini perilaku birokrasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Informan ditetapkan berdasarkan
pertimbangan bahwa mereka dianggap dapat memberikan data dan informasi mengenai
perilaku birokrasi pemerintah dalam pelayanan perizinan di Kabupaten Minahasa Selatan
Hasil Penelitian menunjukkan Perilaku Birokrasi Pemerintah dalam pelayanan perizinan di
Kabupaten Minahasa Selatan menunjukkan realitas yang belum baik. Beberapa faktor yang
menyebabkan perilaku birokrasi pemerintah dalam pelayanan perizinan sehingga pelayanan
belum baik antara lain adalah faktor perilaku individu, perilaku kelompok serta struktur
organisasi.
Kata Kunci : Birokrasi Pemerintah, Pelayanan Perizinan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35797/jab.v4.i027.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Diterbitkan Oleh:

Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia.

Kantor Editor :

Jl. Kampus Bahu Unsrat, Malalayang - Manado 95115

No. Telp. +62 81242877176, +62 82348699889