TIPE-TIPE PERUBAHAN FONEM BAHASA INDONESIA DAN BAHASA SANGIR (STUDI KOMPARASI)

Astika Ningsih, Olga H.S. Karamoy, Christo R. Pua

Abstract


TIPE-TIPE PERUBAHAN FONEM BAHASA INDONESIA DAN BAHASA SANGIR                                              (STUDI KOMPARASI)

                                               Astika Ningsih1

                                            Olga H.S. Karamoy2

                                               Christo R. Pua3

                                                     ABSTRAK

     Penelitian ini membahas tentang perubahan fonem yang terdapat di dalam bahasa Indonesia (bI) dan bahasa Sangir (bS). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah tipe-tipe perubahan fonem apa saja yang ada dalam bahasa Indonesia dan bahasa Sangir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi, mengklasifikasi, dan mendeskripsikan tipe-tipe perubahan fonem yang ada di dalam bI dan bS. Data dalam penelitian ini terbagi atas dua yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh bersumberkan langsung pada pertuturan para penutur bahasa dan data sekunder melalui beberapa tulisan yang terdapat dalam buku maupun hasil penelitian terdahulu. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan metode padan dengan teknik lanjut hubung banding menyamakan dan hubung banding membedakan. Hasil penelitian ini menemukan perubahan-perubahan bunyi yang ada di dalam bI dan bS berdasarkan teori perubahan bunyi oleh Keraf. Dalam bI dan bS terdapat perubahan bunyi berdasarkan tempat yaitu metatesis, aferesis, sinkop, apokop, protesis, epentesis, dan paragog dan pola pewarisan perubahan fonem yaitu pewarisan linear dan pewarisan dengan perubahan.

Kata Kunci: Fonologi, Perubahan Bunyi, Bahasa Sangir.

 

ABSTRACT

     This study discusses the changes in phonem contained in Indonesian (bI) and Sangir language (bS). The formulation of the problem in this study is the types of changes in what phonemes exist in Indonesian and Sangir language. The purpose of the study is to in identify, classify, and describe the types of changes in phonemes in bI and bS. The data in this study individed into two, namely, primary data and secondary data. Primary data is obtained direchtly from the speech of the language speakers and secondary data through several writings contained in the books and results of previous studies. Furthermore the data was analyzed using the muse method with the advanced technique of equalizing and contrasting comparisons. The results of this study found changes in sound in the bI and Bs based on the theory of sound change by Keraf. In bI and bS there are sound changes based on place, namely metathesis, apheresis, syncope, apocope, prosthesis, ephentesis, and paragog and yhe pattern of inheritance of phoneme changes, namely linear inheritance and inheritance with changes.

Keywords: Phonology, Sound Change, Sangir Language.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.