Hubungan Antara Pelayanan Kefarmasian Dengan Kepuasan Pasien Menggunakan Jasa Apotek Di Kota Manado

Merdy R. Kansil, Jootje. M. L. Umboh, grace kandou

Abstract


Pelayanan kefarmasian telah mengalamiperubahan yang semula hanya berfokus kepadapengelolaan obat berkembang menjadi pelayanankomprehensif yang bertujuan untuk meningkatkankualitas hidup pasien. Pelayanan kefarmasianmeliputi: keramahan petugas, penampilan apotek,pelayanan informasi obat, ketersediaan obat dankecepatan pelayanan. Kepuasan pasienmenggunakan jasa apotek dapat digunakan sebagaitolak ukur untuk melihat seberapa besar kepuasanpasien atas pelayanan yang diberikan. Tujuanpenelitian ialah untuk menganalisis hubunganantara pelayanan kefarmasian dengan kepuasanpasien menggunakan jasa apotek di Kota Manado.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif,dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel96 pasien yang datang ke apotek dengan resepdokter. Analisis data menggunakan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keramahanpetugas, penampilan apotek, pelayanan informasiobat, ketersediaan obat dan kecepatan pelayananberhubungan dengan kepuasan pasienmenggunakan jasa apotek di Kota Manado   Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Kefarmasian

Refbacks

  • There are currently no refbacks.