Analisis Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap A RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado

Like A. Tandris

Abstract


Abstrak

Semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan kesehatan, maka fungsi pelayanan secara perlu ditingkatkan untuk memberi kepuasan pasien. Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen (pasien) terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan

Faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di instalasi rawat inap A di Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado ialah bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan perhatian (emphaty).  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap A yang pernah dirawat di Instalasi Rawat inap A selama periode Oktober 2013 sampai dengan Oktober 2014. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Purposive Sampling menggunakan kuesioner yang sudah di Uji Validitas dan Reabilitasnya. Data yang didapat selanjutnya dilakukan analisis univariat, bivariat dan multivariat dengan Uji Regresi Linier Berganda pada α=5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dari variabel bukti fisik (nilai p = 0,057), dan daya tanggap (nilai p = 0,058) dengan kepuasan pasien. Variabel kehandalan (nilai p = 0,010),  jaminan (nilai p = 0,031) dan perhatian (nilai p = 0,000) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dengan kepuasan pasien. Berdasarkan hasil analisis multivariat didapatkan bahwa perhatian (emphaty) merupakan variabel yang dominan terhadap kepuasan pasien di Instalasi Rawat Inap A RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado (OR = 5,500, 95% CI : 1,995-15,159).

Kata kunci:      Kepuasan Pasien, Kualitas Layanan

 

 

Abstract

The increasing demands of the community health service quality will be, then the functions of service need to be improved to the satisfaction of the patient. Quality of service is a form of assessment of the consumer (the patient) to the level of service received by the level of service expected.

Factors that affect patient satisfaction in The Inpatient Installation A in General Hospital Prof. Dr RD Kandou Manado is tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphaty. This study uses quantitative methods with Cross Sectional Study. The population of this study were all Inpatient Installation treatment in the Inpatient Installation A during the period October 2013 to October 2014. Sampling techniques in this study conducted by purposive sampling method using a questionnaire that is already pass in validity test and reliability test. The data obtained is then performed univariate, bivariate and multivariate Regression Test at α = 5%.

The results showed that there was no effect of  tangible (p = 0.057), and responsiveness (p = 0.058) with patient satisfaction. As for the reliability variable (p = 0.010), assurance (p = 0.031) and attention (p = 0.000) showed  significant influence with patient satisfaction. Based on the results of multivariate analysis showed that empathy is the dominant variable to satisfaction of patients in the Inpatient A department of Prof. Dr. RD Kandou Manado (OR = 5.500, 95% CI: 1.995 to 15.159).

Keyword:           Patient Satisfaction, Service Quality.

 


Full Text:

PDF () PDF () PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.