IDENTIFIKASI RISIKO RANTAI PASOK BATU BOULDER DALAM PEKERJAAN KONSTRUKSI PENGAMAN PANTAI (Study Kasus : Pembangunan Tembok Pengaman Pantai Desa Matani Kabupaten Minahasa Selatan)

Deny Wongkar, Fabian J. Manoppo, Grace Y. Malingkas

Abstract


Penerapan rantai pasok diyakini dapat menjadi salah satu solusi, sehingga akan mendatangkan keuntungan baik bagi pengguna maupun penyedia jasa konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis  rantai pasok material batu boulder dimulai proses pemilihan penyedia pekerjaan konstruksi tembok pengaman pantai di pesisir pantai Amurang, menganalisis kriteria-kriteria dan sumber sumber risiko tembok pengaman pantai. Dan mendapatkan identitas pemasok batu boulder (Quarry).

Wawancara secara terstruktur dengan Kelompok Kerja Pemilihan (Pokja Pemilihan), para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), serta penyedia jasa maupun pemasok-pemasok batu boulder untuk mendapatkan serangkaian informasi  yang akan digunakan dalam analisis pengambilan keputusan. Pengamatan di lapangan pekerjaan dan quarry pemasok untuk mengetahui jarak optimal yang dibutuhkan. Kajian literatur mengenai  pemilihan penyedia barang/jasa pemerintah sesuai dengan Perpres No. 16 Tahun 2018. Akhirnya dibangun model tingkatan berupa hirarki untuk dianalisis keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). 

Dari penelitian dapat disimpulkan risiko rantai pasok batu boulder tidak dimasukan dalam evaluasi penawaran penyedia jasa sehingga walaupun penyedia tidak menyediakan quarry (pemasok) sebagai pendukung rantai pasok pekerjaan batu boulder tetap bisa ditetapkan sebagai pemenang tender. Analisis 29 (dua puluh sembilan) faktor-faktor risiko  dan 6 (enam) sumber sumber risiko, didapat bahwa faktor risiko X-12 yaitu kemampuan manajerial dalam hal tidak adanya dukungan quarry (pemasok) dalam batu boulder dalam fungsi manajemen proyek, mempunyai unsur dominan sebesar 11% (sebelas persen). Didapat 6 (enam) identitas pemasok batu boulder Disarankan dukungan quarry (pemasok) batu boulder menjadi salah satu yang dapat dievaluasi oleh kelompok kerja pemilihan.

 

Kata kunci: identifikasi risiko, rantai pasok, batu boulder, tembok pengaman, AHP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.