ANALISIS TRANSPOR SEDIMEN PADA SUNGAI TONDANO RUAS KAIRAGI – SINGKIL

Yohanis Wuaya Yusuf Koagouw, Tiny Mananoma, Jeffry S. F. Sumarauw

Abstract


Sungai Tondano merupakan sungai di Sulawesi Utara yang mengalir melewati 2 kabupaten yaitu Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Utara, serta 1 kota yaitu kota Manado. Sebagai salah satu sungai terpenting di Sulawesi Utara, sungai Tondano tidak terlepas dari permasalahan. Salah satu permasalahan yaitu pendangkalan alur sungai Tondano. Pendangkalan sungai Tondano menjadi salah satu penyebab terjadinya luapan air sungai yang menyebabkan banjir di daerah hilir sungai di mana terdapat konsentrasi pemukiman dengan aktifitas yang cukup tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran besaran transpor sedimen yang terjadi di sungai Tondano khususnya di ruas Kairagi-Singkil.Penelitian dilakukan dalam 2 tahap analisis yaitu analisis debit maksimum dan analisis sedimen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk debit maksimum sebesar 2249,1 m3/det terdapat transpor sedimen yang cukup besar terjadi di sungai Tondano yaitu antara 442,99 ton/km2/tahun – 43.038,15 ton/km2/tahun, angka tersebut melebihi angka toleransi transpor sedimen di sungai Tondano yaitu pada kisaran 2.080-3.250 ton/km2/tahun.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa transpor sedimen telah melebihi batas toleransi sungai Tondano dan mempengaruhi aliran air sungai Tondano yang berkontribusi pada terjadinya banjir di pemukiman warga pada bagian hilir sungai.

 

Kata Kunci: Sungai Tondano, Sedimentasi, Debit, Banjir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.