ANALISA PARKIR DI BADAN JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA LALU LINTAS PADA SUATU RUAS JALAN

Steeve G. Untu, Semuel Y. R. Rompis, Joice E. Waani

Abstract


Kecepatan, Arus (volume, flow) dan Kepadatan adalah 3 variabel untuk mempelajari ilmu Teknik lalu lintas. Pada bidang transportasi, hubungan antara kecepatan dan volume banyak dipakai untuk merencanakan, mengelola dan menentukan kebijakan aturan lalu lintas. Secara khusus, aliran lalu lintas merupakan gambaran dari suatu kombinasi pergerakan setiap kendaran secara terpisah-pisah, dan gambaran pergerakan pengendara serta kendaraannya. Kegiatan parkir di badan jalan menjadi salah satu variabel yang mempengaruhi kinerja lalu lintas pada ruas jalan, dengan memperhatikan hal tersebut, maka penulis meneliti pengaruh kegiatan parkir pada badan jalan, Jalan Ahmad Yani Manado terhadap kapasitas jalan, melalui 3 model arus lalu lintas (Greenshield, greenberg dan underwood).

Perhitungan kapasitas jalan dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 digunakan untuk menentukan kapasitas jalan Ahmad Yani Manado. Sedangkan Model Greenshield, Model Greenberg, dan Model Underwood digunakan untuk menghitung nilai kapasitas jalan saat adanya kendaraan parkir pada ruas tersebut. Hasil perbandingan antara kapasitas jalan pada saat adanya parkir badan jalan dengan kapasitas saat tidak adanya parkir, diperoleh nilai pengaruh aktivitas parkir terhadap kapasitas jalan.

Sesuai hasil penelitian, nilai Qmax di analisa berdasarkan perbandingan perhitungan nilai kapasitas maksimum pada saat jam sibuk dimana banyak kendaraan parkir menggunakan metode Greenshields, Greenberg dan Underwood dengan  nilai kapasitas jalan A. Yani yang dihitung dengan MKJI 1997, Dimana Perhitungan MKJI 1997 digunakan sebagai perbandingan, disebabkan karena pada saat tidak ada kendaraan parkir, volume arus lalu lintas tidak pernah mencapai volume maksimum, sehingga kapasitas tidak pernah tercapai.

Setelah dilakukan perhitungan dan Analisa, akibat adanya parkir pada badan jalan, nilai kapasitas jalan A. Yani turun sebesar 24% s/d 27%. Nilai tersebut didapatkan setelah membandingkan nilai kapasitas maksimum tiga model arus lalu lintas (Greenshields, Greenberg dan Underwood) dengan nilai kapasitas jalan yang dihitung dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Selanjutnya, dapat disarankan untuk diadakan pengambilan data kembali pada hari yang sama, dengan waktu dimana terdapat kendaraan parkir, untuk kemudian dibuat perhitungan dan perbandingannya, sehingga dapat diberikan solusi untuk memaksimalkan arus jalan A. Yani Manado.

 

Kata kunci: Kecepatan, arus, kepadatan, kapasitas, lalulintas, parkir


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.