ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI MANADO DENGAN COST SIGNIFICANT MODEL

Pingkan Syalomei Tangkau, Marthin D. J. Sumajouw, Grace Y. Malingkas

Abstract


Pada tahap awal pelaksanaan proyek, pemilik proyek memerlukan estimasi biaya proyek untuk menyusun anggaran proyek bangunan gedung. Kerena keterbatasan waktu dan informasi, perlu dikembangkan suatu model estimasi biaya yang mudah, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ada beberapa teknik pemodelan estimasi biaya bangunan gedung yang dikenal.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Cost Significant Model dengan prinsip estimasi parametrik. Metode Cost Significant Model merupakan pemodelan biaya berdasarkan data historis proyek yang mengandalkan pada harga paling significant dalam mempengaruhi biaya total proyek, yang diterjemahkan ke dalam perumusan regresi linear berganda. Penelitian ini bertujuan mendapatkan suatu model estimasi biaya konstruksi bangunan gedung di Kota Manado dengan menggunakan metode Cost Significant Model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengujian statistik diperoleh komponen pekerjaan yang secara signifikan mempengaruhi biaya pembangunan konstruksi adalah komponen pekerjaan Struktur (X3). Dan dari beberapa model yang terbentuk, terpilih satu model yang terbaik yang memiliki pengaruh dan korelasi yang kuat terhadap variabel dependent Y yakni persamaan linier Y =2.505.011 +1,485 X3 dimana Y = Biaya Total Pekerjaan dan X3 adalah biaya komponen pekerjaan struktur. Akurasi model Estimasi Biaya Konstruksi Bangunan Gedung di Kota Manado dengan metode Cost Significant Model   adalah    berkisar antara   -23,712 % dan 23,167 % dengan tingkat akurasi berada di kelas 3 menurut AACE Internasional.

 

Kata kunci: cost significant, model, estimasi, Gedung, proyek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.