ANALISIS PROPORSI SUMBER DAYA PADA PROYEK IRIGASI DI KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Viona Vabio Lesar, Fabian J. Manoppo, Grace Y. Malingkas

Abstract


Pada suatu proyek konstruksi, penentuan besarnya proporsi biaya untuk sumberdaya harus tepat. Mengingat bahwa alokasi biaya untuk sumber daya proyek pada masa konstruksi adalah paling besar, sehingga apabila terdapat ketidaktepatan pada perhitungan proporsi ini dapat mengakibatkan kerugian pada proyek. Selama ini para estimator menghitung biaya proyek berdasarkan pengalaman di lapangan sedangkan gambaran mengenai besarnya alokasi untuk sumber daya belum ada.

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi, menganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan penentuan sumber daya proyek dan memodelkan proporsi sumber daya tersebut sehingga dapat digunakan sebagai suatu acuan. Adapun sumber daya proyek terdiri dari sumber daya material(y1), sumber daya manusia (y2), dan sumber daya peralatan (y3) yang masing-masing ditentukan proporsinya berdasarkan jumlah biaya proyek total. Berdasarkan kajian, faktor yang memberikan pengaruh terhadap pembiayaan sumber daya tersebut diantaranya nilai kontrak proyek (x1) dan durasi (x2). Tinjauan dibatasi pada proyek irigasi di Kabupaten Minahasa Selatan.

Dari hasil pengumpulan data sebanyak 61 data proyek irigasi di kabupaten Minahasa Selatan untuk Tahun Anggarran 2016 - 2022, dikelompokkan menjadi 2 bagian yaitu proyek irigasi dengan nilai kurang dari sama dengan satu milyar Rupiah rata-rata proporsi penggunaan biaya untuk sumber daya material pada proyek irigasi adalah 70.47%, proporsi untuk sumber daya manusia sebesar 17.29 %, sedangkan proporsi sumber daya peralatan mencapai 12,24 %. Dan proyek irigasi dengan nilai lebih dari satu milyar Rupiah rata-rata proporsi penggunaan biaya untuk sumber daya material pada proyek irigasi adalah 70.50 %, proporsi untuk sumber daya manusia sebesar 16.68 %, sedangkan proporsi sumber daya peralatan mencapai 11.83 %. Berdasarkan analisis, secara parsial pada proyek irigasi, yang paling berpengaruh pada sumber daya proyek adalah faktor nilai kontrak

 

Kata kunci: Proyek, konstruksi, proporsi biaya, sumber daya, kontrak, estimator


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.