KUAT TEKAN BETON BERAGREGAT KASAR BATUAN TUFF MERAH, BATUAN TUFF PUTIH, DAN BATUAN ANDESIT

Lelyani Kin Khosama

Abstract


Batuan andesit dan batuan tuff dihancurkan kemudian diayak dengan saringan 19mm, 12.5mm, 9.5mm dan 4.75mm dan dipakai sebagai agregat pada beton. Beton yang diteliti adalah beton beragregat kasar batuan andesit pori (dinamakan BAKAPOR), beton beragregat kasar batuan andesit antara (dinamakan BAKAT), beton beragregat kasar batuan andesit padat (dinamakan BAKAPAT), beton beragregat kasar batuan tuff merah (dinamakan BAKATUM) dan beton beragregat kasar batuan tuff putih dinamakan (BAKATUP). Untuk BAKAPOR, BAKAT, BAKAPAT, BAKATUM dan BAKATUP berat volume yang diperoleh
berturut-turut sekitar 2.13kg/l, 2.20kg/l, 2.25kg/l, 1.96kg/l, 2.23kg/l dan kuat tekan karakteristik beton berturut-turut sekitar 36.8MPa, 39.4MPa, 46.1MPa, 30.0MPa, 43.4 MPa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari segi kuat tekan terlihat material-material batuan tersebut dapat digunakan sebagai agregat kasar dengan rapat massa dan kuat tekan paling tinggi ada pada BAKAPAT sedangkan rapat massa dan kuat tekan paling rendah ada pada BAKATUM.
Kata kunci: Tuff, Andesit, Bakapor, Bakat, Bakapat, Bakatum, Bakatup

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.