PERILAKU HUBUNGAN ANTAR PARAMETER HIDROLIS AIR LONCAT MELALUI PINTU SORONG PADA SALURAN TERBUKA

Alex Binilang

Abstract


Pemanfaatan energi aliran pada air loncat secara maksimal disatu pihak dan pelepasan/penghancuran energi yang mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan hidraulik di pihak lainnya menjadi permasalahan tersendiri dalam suatu sistem pengaliran.
Melalui penelitian ini dapat diberikan gambaran tentang keberadaan aliran berdasarkan pada pengukuran dan perhitungan secara teoritis, yang meliputi : hubungan antara perubahan energi aliran terhadap perubahan nilai ratio kedalaman hilir dan hulu air loncat. Selain itu dilakukan juga pengkajian terhadap pengaruh perubahan bilangan Froude akibat perubahan nilai ratio kedalaman hilir dan hulu air loncat, serta pengaruh perubahan bilangan Froude terhadap besaran nilai ratio
panjang air loncat dan kedalamannya.
Dari hasil pengukuran dan analisis yang dilakukan telah diperoleh gambaran karakteristik aliran yang divisualisasikan melalui grafik, yang pada intinya menyatakan bahwa terjadi kesesuaian nilai ratio Yb/Ya hasil pengukuran terhadap nilai ratio Yb/Ya hasil analisis. Selain itu kehilangan energi akan tergantung pada nilai ratio antara kedalaman air sebelah hilir terhadap kedalaman sebelah hulu air loncat. Demikianpun besar kecilnya bilangan Froude akan mempengaruhi besar kecilnya nilai ratio antara panjang air loncat terhadap kedalaman hilir dan juga nilai ratio kedalaman aliran sebelah hilir dan hulu air loncat.
Kata kunci: air loncat, energi aliran, bilangan Froude, hilir, hulu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.