KAJIAN KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BETON RINGAN MEMANFAATKAN SEKAM PADI DAN FLY ASH DENGAN KANDUNGAN SEMEN 350 kg/m3

Sarjono Puro

Abstract


Beton ringan dengan memanfaatkan sekam padi sebagai pengganti agregat kasar merupakan salah satu produk alternatif yang dimungkinkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat mekanik beton ringan sekam padi dengan berbagai variasi campuran dan kandungan semen 350 kg/m³ terdiri dari 2 (dua) komposisi yaitu komposisi D dengan variasi sekam padi dan komposisi C dengan komposisi sekam padi tetap dengan menggunakan sampel silinder 30 x 15 cm . Material lain yang digunakan adalah semen, pasir, abu terbang. Penambahan abu terbang dengan variasi komposisi berturut-turut 0%, 5%, 10%, dan 15% terhadap berat semen. Nilai faktor air semen digunakan dengan variasi persentase terhadap berat semen. Pengujian mekanis beton yang dilakukan adalah berat jenis, kuat tarik, kuat tekan dan kuat lentur. Berat jenis beton tertinggi dan terendah dari seluruh komposisi yaitu: 1899,25 kg/cm3 dan 1705,66 kg/cm3.

Hasil pengujian kuat tekan tertinggi rata-rata umur 28 hari komposisi D adalah D2 = 238,83 kg/cm2, kuat tekan tertinggi komposisi C adalah C1 = 229,63 kg/cm2. Hasil uji kuat tekan secara keseluruhan komposisi D lebih tinggi dibanding komposisi C. Hasil pengujian kuat tarik komposisi D adalah D2 = 17,98 kg/cm2, kuat tarik tertinggi komposisi C adalah C2 = 18,63 kg/cm2. Hasil uji kuat tarik sebagian besar komposisi D lebih tinggi dibanding komposisi C. Hasil pengujian kuat lentur komposisi D adalah D1 = 46,1 kg/cm2, kuat lentur tertinggi komposisi C adalah C1 = 30,7 kg/cm2. Hasil uji kuat lentur secara keseluruhan komposisi D lebih tinggi dibanding komposisi C. Penambahan fly ash sebesar 5% berpengaruh pada peningkatan kuat tarik pada komposisi D2 dan C2. Hasil uji tekan yang memenuhi kriteria beton ringan struktur adalah komposisi D1, D2, D3, C1, C2, C3 dengan kuat tekan terkecil 204,16 kg/cm2

Kata Kunci: Beton ringan, sekam padi, fly ash, berat jenis, kuat tarik, kuat tekan, kuat lentur


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.