ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN JADWAL PADA TAHAP PELAKSANAAN KONSTRUKSI DENGAN “ANALISIS NILAI HASIL” (EARNED VALUE ANALYSIS) Studi Kasus Pada Proyek Bangunan Pengaman Pantai di Provinsi Sulawesi Utara

Audy H. P. Rantung, Bonny F. Sompie, Robert J. M. Mandagi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengendalian biaya dan jadwal pada tahap awal pelaksanaan suatu konstruksi berdasarkan varians biaya dan varians jadwal serta indeks kinerja biaya dan indeks kinerja jadwal. Penelitian dilakukan terhadap 20 (dua puluh) paket pekerjaan Pembangunan Bangunan Pengaman Pantai di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2014.

Metode Analisis Nilai Hasil (Earned Value Analysis) digunakan untuk mengetahui proses pengendalian pada pekerjaan konstruksi, dengan menggunakan 3 (tiga) indikator (BCWS, BCWP, ACWP).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil 20 paket dengan menggunakan Varian Biaya (CV) lebih besar daripada menggunakan Varian Jadwal (SV). Sejalan dengan itu rata-rata Indeks Kinerja 20 paket dengan menggunakan Indeks Kinerja Biaya (CPI) lebih besar daripada menggunakan Indeks Kinerja Jadwal (SPI).

Kata kunci: pengendalian biaya, jadwal, indeks kinerja, Analisis Nilai Hasil, konstruksi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.