ANALISIS KEPUASAN PENGHUNI PERUMAHAN GRIYA PANIKI INDAH MANADO
Abstract
Perumahan Griya Paniki Indah merupakan salah satu perumahan besar yang ada di Kota Manado.Pengembang perumahan Griya Paniki Indah harus mampu memenuhi kebutuhan penghuni sehingga kepuasan dapat dirasakan oleh penghuni.Pengukuran tingkat kepuasan penghuni perumahan Griya Paniki Indah perlu dilakukan agar dapat diketahui bagaimana tingkat kepuasan penghuni dan strategi apa yang harus dilakukan pengembang dalam meningkatkan kepuasan penghuni jika penghuni merasa tidak puas terhadap perumahan.
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan penghuni perumahan Griya Paniki Indah dan mengidentifikasi atribut yang harus mendapat prioritas perbaikan untuk meningkatkan kepuasan penghuni perumahan Griya Paniki Indah.Metode yang digunakan adalah importance-performance analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI)
Dari hasil analisa dapat disimpulkan penghuni perumahan Griya Paniki Indah telah merasa puas terhadap kualitas perumahan Griya Paniki Indah dengan nilai indeks kepuasan sebesar 72,14 persen.Ada beberapa atribut yang dianggap penting oleh penghuni tapi dalam pelaksanaannya belum sesuai dengan harapan dan harus mendapat prioritas perbaikan/peningkatan kualitas oleh pengembang perumahan Griya Paniki Indah.Untuk kategori lama tinggal di bawah 5 tahun yaitu (1) kualitas kusen, pintu dan jendela; (2) sistem drainase; (3) pelayanan keamanan lingkungan perumahan; (4) penyediaan jaringan air bersih; (5) jarak rumah ke rumah sakit. Sedangkan untuk lama tinggal di di atas 5 tahun didapat 3 atribut, yaitu (1) kualitas kusen, pintu dan jendela; (2) sistem drainase; (3) jarak rumah ke sekolah.
Kata kunci : Kepuasan Penghuni, Importance-Performance Analysis (IPA), CSI
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.