HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP KATOLIKST. FRANSISKUS PINELENG
Abstract
Abstract : Learning is a process of change within the human personality, and the change Showed in the form of improved quality and quantity of behavior. Many people things that IQ is important for the people success, but anothers intelligence for make sure people success it`s SQ and EQ Emotional intelligence and Intelligence research Purposes of determine the correlation of emotional intelligence and spiritual intelligence with student achievement. This research method using cross sectional study design, with a sample of 48 students. a sampling technique that uses total sampling. the research instrument used are questionnaires and observation sheets. analysis of data on emotional intelligence was performed using chisquare test was obtained P-Value 0.011. This means that the p-value is smaller than α (0.05) and analysis of data on spiritual intelligence is done using Chi-Square test was obtained PValue 0,000, this means the p-value is smaller than α (0.05). Conclusions are emotional and spiritual intelligence correlation with student achievement. Keywords : Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Learning Achievement Abstrak : Belajar adalah suatu proses perubahan didalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku. Banyak orang berpendapat bahwa IQ merupakan penentu untuk kesuksesan padahal terdapat kecerdasan yang lain yang menentukan kesusksesan yaitu kecerdasan emosional EQ dan kecerdasan spiritual SQ. Tujuan Penelitian untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar siswa. Metode Penelitian menggunakan desain penelitian cross sectional study, denganjumlah sampel 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dan lembar observasi. Analisa data pada kecerdasan emosional dilakukan menggunakan uji chi-square diperoleh P-Value 0,011. Hal ini berarti nilai p lebih kecil dari α (0,05) dan Analisa data pada kecerdasan spiritual dilakukan menggunakan uji Chi-Square diperoleh P-Value 0,000, Hal ini berarti nilai p lebih kecil dari α (0,05). Kesimpulan Terdapat Hubungan kecerdasan Emosional dan spiritual dengan prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14895
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi