HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSU GMIM PANCARAN KASIH MANADO

Rifka E. Rama, Mona Wowor, Lenny Gannika

Abstract


Abstrack: Performance is a person’s achievement with regard to all tasks assigned to him.
Patient satisfaction can be influenced by factors such as, not in line with expectations and
reality, service and personnel behavior is unsatisfactory, the physical condition of the
environment, the cost is too high, and the promotion is not in accordance with reality. The
purpose of this research is to identify The Correlation between nurse’s performances and
patient’s satisfaction in Emergency Room of RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. This
research used cross sectional approach. The respondents are consisted of 94 patients and the
sampling technique used purposive sampling. Questionnaires were used as the measuring
instrument. The result of this research was analyzed by statistical analysis used chi square.
The result indicates value (p=0,000) which means the Ha was accepted or there is correlation
between nurse’s performance and patient’s satisfaction in Emergency Room of RSU GMIM
Pancaran Kasih Manado. In conclusion this study shows that there are relations between the
nurse performance and the patient’s satisfaction in Emergency Room of GMIM Pancaran
Kasih Public Hospital.
Keywords : Nurse performance, Patient satisfaction
Abstrak: Kinerja merupakan pencapaian atau prestasi seseorang berkenaan dengan seluruh
tugas yang dibebankan kepadanya. Kinerja perawat yang andal, mandiri, dan professional akan
membuat pasien merasa puas melalui asuhan keperawatan yang diberikan. Kepuasan pasien
dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti, tidak sesuai harapan dan kenyataan, layanan dan
perilaku personel kurang memuaskan, kondisi fisik lingkungan tidak menunjang, biaya terlalu
tinggi, dan Promosi/iklan tidak sesuai dengam kenyataan. Tujuan penelitian ini untuk
mengidentifikasi hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di IGD RSU GMIM
Pancaran Kasih Manado. Desain Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional.
Responden terdiri dari 94 pasien dengan teknik pengambilan sampel dengan cara Purposive
Sampling. Pengumpulan data menggunakkan kuesioner. Hasil Penelitian uji kolerasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan nilai
(P=0,000) yang berarti Ha di terima atau ada hubungan yang signifikan antara kinerja perawat
dengan kepuasan pasien di IGD RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Kesimpulan hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja perawat
dengan kepuasan pasien di IGD RSU GMIM Pancaran Kasih Manado.
Kata kunci : Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.24348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Publisher:

Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi

 

View My Stats