EFEKTIFITAS PEMBERIAN EDUKASI DENGAN METODE VIDEO DAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PASIEN DM TIPE 2 DI KLINIKDIABETES KIMIA FARMA HUSADA MANADO

Gresty Masi, Vandri Kallo

Abstract


Abstract :Background:Diabetes mellitus is a metabolic disorder, in which the body’s ability to utilize glucose, fat and protein are compromised due to a deficiency of insulin or insulin resisteance. The handling of DM can be overcome by increasing knowledge. Education is the role of main which will be the basis to build the knowledge. Purpose: to know the effectiveness of Providing education with Video and FGD Method to knowledge of patients with DM type 2 at Diabetes Clinik of Kimia Farma Husada Manado Methods: This is quantitative research, with a quasi experiment, pre and post test with control groupmethod. Sampling techniques in the research is purposive sampling of 30 respondents who have a criteria inclusion that consist of 15 respondents of intervention group and 15 respondents of control group. Data accumulation is using the questionnaire with 21 questions. Results:The test is used paired t test with a significant increase in the mean values before and after education to group intervention. Conclution: that educational of video and FGD method is very effectively to increase knowledge of patients with DM type 2 in Klinik Diabetes Kimia Farma Husada Manado. Keywords : Education, Video and FGD Methods, Knowladges of DM
Abstrak :Latar Belakang: Diabetes melitus adalah kelainan metabolisme, dimana kemampuan tubuh untuk memanfaatkan glukosa, lemak dan protein terganggu karena defisiensi insulin atau resistensi insulin. Penanganan DM dapat diatasi dengan meningkatkan pengetahuan. Edukasi memegang peranan utama yang akan menjadi dasar membangun pengetahuan. Tujuan: untuk mengetahui efektifitas pemberian edukasi dengan metode video dan FGD terhadap pengetahuan pasien DM Tipe 2 di Klinik Diabetes Kimia Farma Husada Manado.Penelitian dilakukan selama bulan Desember 2017 Metode:Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment design rancangan pre and post test with control group.Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang berjumlah 30 responden yang telah memenuhi kiteria inklusi yang terdiri dari kelompok intervensi 15 responden dan kelompok kontrol 15 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 21 pertanyaan. Hasil:Uji yang digunakan dalam penelitian adalah uji t berpasangan (paired t-test) dengan α 0.05 dan berdasarkan hasil uji diperoleh p=0.000 yang berarti p< α (0.05) dengan peningkatan nilai mean yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan edukasi pada kelompok intervensi. Kesimpulan:Disimpulkan bahwa metode edukasi dengan video dan FGD sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan pasien DM Tipe 2 di Klinik Diabetes Kimia Farma Husada Manado.
Kata Kunci : Edukasi, Metode Video dan FGD, Tingkat Pengetahuan DM

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35790/jkp.v6i1.25182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Publisher:

Program Studi Ilmu Keperawatan
Fakultas Kedokteran
Universitas Sam Ratulangi

 

View My Stats