EKSPLORASI FAKTOR SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PASAR PINASUNGKULAN KAROMBASAN KOTA MANADO
Abstract
Pasar tradisional dikenal dengan tempat berbelanja yang tidak rapi, kotor, becek, dan tidak aman. Salah satu pasar tradisional adalah pasar Pinasungkulan Karombasan yang teletak di bagian selatan kota Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah service quality yang didalamnya terdapat factor Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles berdampak terhadap kepuasan pelanggan pasar pinasungkulan karombasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, pengambilan data menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan sampel pada pelanggan pasar pinasungkulan karombasan. Hasil penelitian menununjukan bahwa service quality yang didalamnya terdapat factor Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles berdampak terhadap kepuasan pelanggan pasar pinasungkulan karombasan.
Kata Kunci: service quality, kepuasan pelanggan, fenomenologi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v4i3.17995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.