PENGARUH PENGALAMAN BERBELANJA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN (SEGMEN : MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA PELANGGAN SHOPEE DAN JD.ID)
Abstract
Abstract: Economic development becomes one of the references seen by various aspects of life. One of the things that can be seen clearly is the shifting economy with the emergence of e-commerce as a means of new business opportunities that exist. E-commerce started to reach more existing markets by using online technology assistance. In 2018 many businesses are trying to keep up with the change from local/micro enterprises by trying to use the technology base in their efforts. Many consumers feel the ease gained with the use of such technology than the traditional way or have to visit the outlets. Consumer perception itself can be formed from the experience gained and based on the achievement of the standards that exist in the consumer. This is achieved based on the experience of online sellers. Consumers with more experience have a tendency to shop continuously (Liang & Huang, 1998). While the significance level of consumer satisfaction that online shopping has been identified by Liu et al. in the year 2008. So it can be concluded that the satisfaction and the success of shopping will be achieved by consumers can raise the standard of expectations that exist in the consumer. Based on this, then the population taken for research is a consumer who has experience of transactions on Shopee and JD.id with a sample of research is a student who is in the Faculty of Economics of Maranatha Christian University who have experience transactions on Shoppe and JD.id. The research method uses simple regression with 379 respondents. It gained the results that the shopping experience had an impact of 37% and the remaining 63% were influenced by other factors
Abstrak: Perkembangan ekonomi menjadi salah satu acuan yang dilihat oleh berbagai aspek kehidupan yang ada. Salah satu hal yang dapat terlihat jelas adalah pergeseran perekonomian yang ada dengan munculnya e-commerce sebagai sarana peluang usaha baru yang ada. E-commerce mulai dilirik karena menjangkau lebih banyak pasar yang ada dengan menggunakan bantuan teknologi secara online. Pada 2018 banyak usaha yang mencoba mengikuti perubahan tersebut dari usaha lokal / mikro dengan berusaha menggunakan basis teknologi tersebut pada usaha mereka. Banyak konsumen merasakan kemudahan yang didapatkan dengan penggunaan teknologi tersebut dibandingkan cara tradisional atau harus berkunjung pada gerai. Persepsi konsumen sendiri dapat terbentuk dari pengalaman yang didapatkan dan berdasarkan pencapaian standar yang ada pada diri konsumen. Hal ini didapatkan berdasarkan pengalaman dari penjual online. Konsumen yang memiliki pengalaman lebih banyak memiliki kecenderungan untuk berbelanja secara terus menerus (Liang & Huang, 1998). Sedangkan tingkat signifikansi dari kepuasan konsumen yang berbelanja online sudah diidentifikasi oleh Liu et al. pada tahun 2008. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan dan keberhasilan akan berbelanja yang didapatkan oleh konsumen dapat menaikkan standar harapan yang ada pada konsumen tersebut. Berdasarkan hal ini, maka diambil populasi untuk penelitian adalah konsumen yang memiliki pengalaman transaksi pada Shopee dan JD.id dengan sampel penelitian adalah mahasiswa yang berada di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha yang memiliki pengalaman transaksi pada Shoppe dan JD.id. Metode penelitian menggunakan regresi sederhana dengan 379 responden. Didapatkan hasil bahwa pengalaman berbelanja memiliki pengaruh sebesar 37% dan sisanya sebesar 63% dipengaruhi faktor lain.
Keywords: online shopping experience, customer purchase decision
Full Text:
PDFReferences
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Berman, B., dan Evans, J. R. (2007). Retailing Management, A Strategic Approach Edisi 10. Pearson International Edition.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair. (1998). Multivariate Data Analysis (5 ed.). United States of America.
Kotler dan Armstrong. (2016). Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13 ed.). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Li, Y. (2016). Empirical Study of Influential Factors of Online Customers Repurchase Intention. Scientific Research Publishing, 8, 48-60.
Lim, X. J., Cheng-XiAw, E., & Teoh, K. G. (t.thn.). Factors Infulencing Repurchase Intention in Online Shopping Context : The Mediating Role of Satisfaction. Journal of Applied Structural Equation Modeling, 2(1), 29-43.
Pappas, I. O., Giannakos, M. N., & Chrissikopoulos, V. (2014). Moderating Effect of Online Shopping Experience On Customer Satisfaction and Repurchase Intentions. International Journal of Retail and Distribution Management, 42(3), 187-204.
Peter, P. J .,Olson, J. C. &. (2010). Customer Behaviour and Marketing Strategy (9 ed.). Singapore.
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2016). Perilaku Konsumen and Strategi Pemasaran (9 ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Safira. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian produk kecantikan Innisfree Di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha. Maranatha Journal of Economic. Vol. 5(5).
Schiffman, L., dan Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. PT. Indeks.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2006). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sunyoto, D. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.