FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PASIEN KLINIK KESEHATAN KOPERASI KARYAWAN PLN BATAM

Bunga Divi Iswara, Triana Ananda Rustam

Abstract


Abstract: This research aimed to find out the effect of the facilities, service, and both of them simultaneously on patient loyalty at the health clinic of the State Electricity Company Batam cooperative. This study used a quantitative research design with a total population and sample was 148 patients who visited the Health Clinic of the State Electricity Company Batam City Employees Cooperative. The data analysis techniques applied in this study were the data quality test, classical assumption test, influence test, and hypothesis test which will be assisted by the application of SPSS version 25. This study found that: (1) The facility variable has a positive and significant impact on patient loyalty at the State Electricity Company Batam employee cooperative health clinic. The more complete the facilities provided meant that the loyal patients would check themselves, (2) The service variable has a positive and significant effect on patient loyalty at the State Electricity Company Batam employee cooperative health clinic. The greater the opportunity for service indicators, the patient would be loyal to visit or health control, and (3) The service and facility variables simultaneously affect patient loyalty significantly and positively at the State Electricity Company Batam employee cooperative health clinic.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas, pelayanan, dan keduanya secara simultan terhadap loyalitas pasien di poliklinik kesehatan koperasi PLN Batam. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 148 pasien yang berkunjung ke Klinik Kesehatan Koperasi Pegawai Perusahaan Listrik Negara Kota Batam. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis yang akan dibantu dengan aplikasi SPSS versi 25. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Variabel fasilitas berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien di poliklinik kesehatan koperasi pegawai PLN Batam. Semakin lengkap fasilitas yang diberikan berarti pasien yang setia akan memeriksakan diri, (2) Variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien pada klinik kesehatan koperasi pegawai PT PLN Batam. Semakin besar peluang indikator pelayanan maka pasien akan loyal berkunjung atau kontrol kesehatan, dan (3) Variabel pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas pasien pada klinik kesehatan koperasi pegawai PLN Batam

Keywords:  Patient Loyalty , Service, Facilities, Health Clinic, Kopkar State Electricity Company Batam.

 


Full Text:

PDF

References


Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1

Aswad, S., Realize, & Wangdra, R. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. JIM UPB, 6(2), 77-85.

Dewi, G. A. P. R. K., Yasa, N. N. K., & Sukaatmadja. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT BPR HOKI di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3(5), 257-275.

Djohan, A. J. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Kepercayaan untuk Mencapai Loyalitas Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Swasta di Banjarmasin. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM), 13(2), 257-271.

Elsa, L. H., Semiarty, R., & Lita, R. P. (2016). Model Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 216-225.

Ervina, M., Putra, R. S. P., & Samad, M. A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Rawat Inap di RSUD Labuang Baji Makassar Tahun 2019. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia, 2(1), 1-6.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanto, R. A. (2013). Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran McDonald’s Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1465-1473.

Herawati, N., & Sulistyowati, M. (2019). Strategi Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Melalui Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi pada Pelanggan Smartphone Samsung. Probank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 5(2), 214-226.

Hidayatullah, S. (2013). Hubungan Citra Merek dengan Loyalitas Pelanggan IM3 di Kalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alafabetha.

Iskandarsyah, N. M., & Utami, S. (2019). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen pada Perumahan Murah di Hadrah Property. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 129-141.

Karamoy, H., & Tulung, J. E. (2020). The Effect of Banking Risk on Indonesian Regional Development Bank. Banks and Bank Systems, 15(2), 130-137

Karamoy, H., & Tulung, J. E. (2020). The Effect of Financial Performance and Corporate Governance To Stock Price In Non-Bank Financial Industry. Corporate Ownership & Control, 17(2), 97-103

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Khotimah, C., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Relationship Marketing dan Brand Image terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 121-128.

Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran Edisi Tiga Belas Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Masruri, M., & Marliani. (2012). Upaya Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Fasilitas, Kualitas dan Harga. Prosiding Seminar dan Konferensi Nasional Manajemen Bisnis, 26 Mei 2012.

Maulidha, S. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan PT. JNE Samarinda. Portal Karya Ilmiah Fisip Universitas Mulawarman.

Maulinda, S. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Terhadap Perilaku Berobat di Puskesmas Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar.

Meidara, R., & Sukmasary, F. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Benteng Kota Sukabumi. Jurnal Stikes Sukabumi, 1(1), 1-13.

Munawir, I. (2018). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 17(3), 15-22.

Purnomo, H. (2010). Perencanaan dan Perancangan Fasilitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, F. (2011). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rif’adarajad, S., Sarita, B., & Balaka, M. Y. (2016). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Loyalitas Pengguna Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buton. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan, 1(2), 56-64.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Santoso, S. (2014). Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media.

Sanusi. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setyawati, W. A., Rifa’i, M., & Sasmito, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi terhadap Kepuasan Pasien. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 50-63.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumaedi, S., Bakti, I. G. M. Y., Rakhmawati, T., Astrini, N. J., Widianti, T., & Yarmen, M. (2014). The Empirical Study on Patient Loyalty. Journal Emerald Insight, 1(1), 1-16.

Syahsudarmi, S. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kedai Kupi Bengkalis di Pekan Baru. Jurnal Development, 6(1), 47-60.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Widadi, R. H. S., & Wadji, F. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan Klinik Saraf Rumah Sakit Jiwa Daerah dr. R.M. Soedjarwadi. DAYA SAING Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(1), 28-37.

Zhou, W. J., Wan, Q. Q., Liu, C. Y., Feng, X. L., & Shang, S. M. (2017). Determinants of Patient Loyalty to Healthcare Providers: An integrative review. International Journal for Quality in Health Care, 29(4), 442-449




DOI: https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.35131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.